23 Juli 2008

Pernahkah kita shalat Istiqarah?

Istiqarah ketika menentukan antara dua pilihan yang terbaik atau untuk meminta bimbingan Allah Ta’ala. Terlebih Istiqarah ketika sedang ta’aruf dengan calon pasangan.

Rasulullah saw. bersabda:

“Apabila seseorang di antara kamu berkehendak melakukan suatu perkara, hendaklah ia shalat dua rakaat di luar shalat fardhu, kemudian bacalah doa ini:

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan ilmuMu pilihan yang paling tepat, aku memohon kekuatan kepada-Mu dengan kemahakuasaan-Mu, aku memohon KaruniaMu yang besar. Sesungguhnya Engkau Mahakuasa, sedangkan aku tidak kuasa. Engkau Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui, dan Engkaulah yang mengetahui perkara ghaib.

Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa perkara ini baik bagiku, bagi agamaku, bagi hidupku dan baik akibatnya bagi diriku (dunia dan akhirat) maka tetapkanlah dan mudahkanlah. Sesungguhnya apabila Engkau mengetahui bahwa perkara ini buruk bagiku, bagi agamaku, bagi hidupku dan buruk akibatknya terhadap diriku (dunia dan akhirat) maka jauhkanlah perkara ini dariku dan jauhkan dariku darinya. Tetepkanlah kebaikan untukku di mana pun aku berada, dan jadikanlah diriku ridha menerimanya.

Kemudian Rasulullah saw. bersabda,

Maka silakan ia sebut keperluannya. (H.R. Bukhari, Abu Daud, Tirmidzi, dan lainnya).

Setelah melakukan shalat istiqarah, apabila shalatnya dilaksanakan dengan kesungguhan dan keikhlasan, diharapkan akan memunculkan kecenderungan dan kemantapan hati. Dengan landasan itulah keputusan akhir ditetapkan, bahwa pilihan kita jatuh kepada si Fulan atau Fulanah. Bismillah, mudah-mudahan itulah pilihan barakah, pilihan yang membawa kita dan keluarga kita nantinya ke dalam Jannah Allah kelak.

Yakinlah, ketika kita melibatkan Allah didalamnya, apapun hasilnya, pasti adalah yang terbaik bagi kita, dan Allah pasti ridha kepada kita.


nb: Alhamdulillah, tadi pagi, setelah shubuh, aku mencoba tidak langsung tidur. Jam 6 pagi, mulai mencuci pakaian, menanak nasi, membeli lauk di warung. Tapi, teteup..sampai di kantor jam 9..heu heu..


0 komentar: